Ini Langkah-Langkahnya Tips Membeli Rumah Pertama Anda - Cluster Murah Bekasi

Rumah murah memang akan selalu menjadi kebutuhan dan impian setiap manusia. Sebagai salah satu bagian dari kebutuhan hidup manusia, rumah atau tempat tinggal ini pastinya akan diprioritaskan untuk dimiliki. Namun sayangnya harga rumah murah yang semakin tahun semakin tinggi harganya membuat tidak semua orang mampu memiliki rumah seperti yang diinginkan.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) membuat Anda dapat memiliki rumah cluster dengan mudah. Namun, banyak konsumen yang belum mengerti pengertian, syarat, proses, biaya, dan keuntungan KPR.

Anda keluarga baru atau Anda yang sedang berencana untuk membeli rumah  murah di bekasi, pertama? Jangan remehkan sejumlah hal di bawah ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Juga, proses transaksi Anda bisa berjalan dengan lancar. Berikut tips praktis bagi Anda yang ingin membeli rumah pertama:

1. Menentukan Tipe Rumah yang Ingin Dimiliki
Saat ingin beli atau kredit rumah, hal pertama yang wajib dipikirkan dan dipertimbangkan adalah menentukan tipe rumah yang ingin dimiliki, apakah rumah tipe sederhana atau tipe rumah ideal. Jika anda bermimpi memiliki sebuah rumah ideal, tentu gaji atau penghasilan sebesar Rp 4 juta per bulan merupakan hal yang cukup sulit untuk mewujudkannya, apalagi jika mencermati harga properti yang saat ini cenderung merangkak naik.

2. Tanyakan Segala Hal Terkait Rumah Tersebut

Setelah rumah target KPR sudah dipilih, tahap selanjutnya Anda harus menanyakan segala hal yang berkaitan dengan rumah tersebut. Hal-hal yang perlu Anda tanyakan antara lain adalah seperti harganya, berapa uang mukanya, cicilannya,  berapa biaya tanda jadinya. Hal lain yang juga harus ditanyakan yaitu apakah rumah itu sudah dibangun atau baru akan dibangun setelah bayar uang muka.

3. Metode Perhitungan Bunga KPR
Secara umum dikenal tiga metode perhitungan bunga yaitu:
1. Flat
2. Efektif
3. Annuitas Tahunan dan Bulanan
Dalam praktiknya, metode suku bunga yang digunakan adalah suku bunga efektif atau annuitas. 

4. Kemudahan Cara Pembayaran

Ada beberapa cara pembayaran rumah yang biasanya ditawarkan oleh pengembang yaitu tunai keras, tunai bertahap dan KPR. Bagi Anda yang memiliki kemampuan keuangan yang cukup, cara bayar tunai keras tentu menjadi pilihan. Developer akan memberikan diskon yang besar pagi pembeli dengan cara ini. Tapi bagi yang kemampuan keuangannya pas-pas an, cara bayar KPR dan tunai bertahap yang panjang tentu menjadi primadona.

5. Pastikan Kapan Serah Terima Unit
Bertanyalah ke developer, kapan Anda bisa menempati unit rumah yang Anda beli. Jika terjadi keterlambatan, konsekwensi apa yang akan diterima oleh developer

6. Solusi dan Adaptasi Keuangan
Poin ke enam yang perlu dipelajari dan dicarikan soluusi saat anda telah memutuskan untuk membeli atau mencicil sebuah rumah adalah bagaimana caranya mulai menyesuaikan diri terhadap kondisi keuangan anda yang akan terkikis oleh potongan biaya kredit rumah tersebut.

"Mereka yang menyambut tantangan, adalah mereka yang memberi ruang pada impian untuk menjadi kenyataan"

Click to comment